Informasi Printer Epson Terlengkap

Spesifikasi Epson L120: Kelebihan dan Kekurangan (Lengkap)

Printer keluaran Epson dengan seri L120 pantas dijuluki sebagai printer sejuta umat. Bukan tanpa alasan, harganya yang lumayan terjangkau membuat printer ini banyak dipilih konsumen dalam memenuhi keperluan cetak-mencetak dokumen. Bahkan, dengan pengaturan yang tepat printer ini juga bisa digunakan untuk mencetak foto.


Namun jangan salah, meskipun berharga murah, printer Epson L120 tidak bisa disebut murahan. Kualitasnya cetakannya bisa diadu dengan printer kelas di atasnya. Dari segi ketahanan pun lumayan bisa diandalkan, printer ini telah penulis gunakan sendiri sejak 3 tahun lalu, kemampuan cetaknya tidak banyak berubah seperti saat baru dibeli. 

Nah, pada kesempatan kali ini, penulis akan mengulas lebih jauh lagi spesifikasi dari printer Epson L120 ini. Pembahasannya akan disajikan sekomprehensif mungkin, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. 
Yuk, berikut ini ulasannya...

Printer Epson L120
Spesifikasi Epson L120: Kelebihan dan Kekurangan (Lengkap)

Printer Seri L120 pertama kali diluncurkan oleh pabrikan Epson pada tahun 2004. Printer ini membidik segmen pengguna rumahan atau kantor kecil dengan fungsi printer tunggal, yaitu cetak-mencetak dokumen. Printer generasi kedua seri L dari Epson dengan kemampuan cetak lumayan cepat, yaitu hingga 27 PPM (Pages per Minute) dan dapat mencetak ribuan lembar. 

Printer Epson L120 adalah printer yang didesain untuk menghemat biaya cetak dokumen sehari-hari. Pengguna tidak perlu lagi repot-repot membeli tinta suntik atau tinta isi ulang karena Epson menyediakan refill tinta original yang terjangkau dan dapat mencetak ribuan halaman sekali isi. Dari segi sistem, Printer Epson L120 juga dibekali dengan sistem yang cukup mudah dioperasikan

Selain itu, pengguna tidak perlu risau lagi dengan proses pengisian tinta, karena caranya sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Epson L120 dilengkapi dengan tabung khusus yang memudahkan pengguna untuk melakukan isi ulang, tentu saja dengan tinta original yang disediakan oleh Epson. 

Spesifikasi Printer Epson L120

Lebih lengkapnya tentang Printer Epson L120, silahkan lihat di tabel spesifikasi berikut ini: 

Tabel Spesifikasi Printer Epson L120

Metode Cetak InkJet
Maks. Besaran Kertas A4
Maks. Resolusi 720
Effective Print Resolution 720 x 720 dpi
Dimensi
  • 461 x 215 x 130 mm (W x D x H)
  • Dimensi Kemasan : 55 x 30 x 19 cm
Berat 2.4 kg
Consumables
  • Black Ink Catridge [T6641]  
  • Cyan Ink Catridge [T6642]  
  • Magenta Ink Catridge [T6643]
  • Yellow Ink Catridge [T6644]
Kecepatan Cetak B/W 8.5 IPM
Kecepatan Cetak Warna 4.5 IPM PPM
Konektivitas USB
Kesesuaian Sistem Operasi
  • Windows XP/XP Professional x64 Edition/Vista/7/8/8.1
  • Mac OS X 10.5.8, 10.6.x, 10.7.x, 10.8.x, 10.9.x
Input Tray #1 50 sheets, A4 Plain paper (75g/m²)
Duplex Printing Manual
Power Consumption
  • Printing: Approx. 10 Watt 
  • Standby: Approx. 2.0 Watt
  • Sleep: Approx. 0.6 Watt
  • Power Off: Approx. 0.3 Watt

Kelebihan Printer Epson L120

Apa sih kelebihan printer besutan Epson ini? Nah, setidaknya ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh printer Epson L120 yang membuatnya banyak dipilih oleh pengguna untuk memenuhi kebutuhan mencetak mereka. Kelebihan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Ukuran Kompak dan Ringkas

Ukuran Kompak dan Ringkas

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh printer Epson L120 ini adalah ukurannya yang kompak dan ringkas. Berdasarkan tabel spesifikasi di atas, printer ini memiliki dimensi 461 x 215 x 130 mm dengan berat hanya 2,4 kg saja. Dengan ukurannya ini, printer Epson L120 tidak memakan banyak tempat dan sangat cocok diletakkan di atas meja berdekatan dengan laptop Anda. 

Oleh karena tangki tinta Epson L120 ini terletak di sisi kanan, maka sebaiknya jika printer ini diletakkan pada sisi kanan meja agar memudahkan Anda melakukan pengisian ulang tinta bila sewaktu-waktu habis.

2. Kecepatan Cetak Mengagumkan

kecepatan cetak printer epson l120

Dibandingkan dengan printer lain yang berada di kelasnya, printer Epson L120 ini memiliki kecepatan cetak yang cukup tinggi, yaitu mencapai 8,5 IPM untuk warna hitam dan hingga 4,5 IPM untuk warna-warni. 

Dengan demikian, produktivitas Anda dijamin tetap tinggi saat menggunakan printer ini karena tak perlu menunggu terlalu lama untuk mencetak dokumen, apalagi jika dokumen tersebut hanya membutuhkan tinta hitam saja, misalnya dokumen yang hanya berisi teks.

Bahkan, kecepatan cetak ini bisa ditingkatkan lagi dengan cara membuat dokumen dicetak dalam mode draft. Surat-menyurat yang tidak resmi atau dokumen yang hanya digunakan untuk keperluan sendiri disarankan dicetak dengan mode draft saja karena selain lebih cepat, juga lebih hemat tinta.

3. Hemat Penggunaan Tinta

printer epson l120 hemat tinta

Dari segi penggunaan tinta, printer Epson L120 ini sangat hemat. Bahkan tanpa mode draft pun, Epson L120 tetaplah hemat. Efektivitas penggunaan tinta pada Epson L120 ini adalah hasil penyempurnaan dari generasi sebelumnya, yaitu Epson L110. 

Epson L110 dikenal adalah printer yang dikenal hemat biaya operasional, yaitu sekitar Rp30 per halaman warna. Sebagai penerus dan sudah melalui berbagai peningkatan mutu, printer Epson L120 tentu lebih hemat lagi.

Tangki tinta bawaan printer Epson L120 ini memiliki kapasitas 40 ml untuk setiap warna. Total warna yang digunakan ada 4 karena printer ini menganut sistem warna CMYK., yaitu Cyan, Magenta, Kuning, dan Hitam.

4. Mudah Isi Ulang Tinta

printer epson l120 mudah isi ulang tinta

Kelebihan lain yang dimiliki printer Epson L120 ini adalah sangat mudah melakukan pengisian ulang tinta. Kemasan isi ulang tinta didesain sedemikian rupa sehingga mudah diarahkan menuju tabung penyimpanan tinta. 

Selain itu, pada printer Epson L120 terdapat tabung khusus yang menjamin tinta bisa mengalir dengan lancar saat dilakukan pengisian ulang ke dalam tabung.

Harga isi ulang tinta Epson L120 juga relatif murah. Per botol, isi 70 ml, harganya adalah $5.5 menurut situs resminya, sedangkan di Indonesia harganya sekitar Rp 80.000. Tentu saja 1 botol tinta Epson L120 hanya berisi 1 warna saja.

5. Kualitas Printer dan Hasil Cetak Terjamin

Kualitas Printer dan Hasil Cetak Terjamin

Berdasarkan pengalaman penulis, kualitas cetak printer Epson L120 sangat mengagumkan. Bahkan, pabrikan Epson berani menjamin kualitas ini dengan syarat menggunakan tinta asli. Hasil cetakan bertahan lama alias tidak mudah luntur karena lebih cepat kering.

Selain hasil cetak dokumen, Epson juga menjamin produk L120 ini tahan lama dengan memberikan garansi printer selama 2 tahun. Dalam masa garansi tersebut, printer Epson mampu melakukan proses cetak sebanyak 20.000 kali. Jumlah yang sangat tinggi untuk kelas printer seperti ini.

Kekurangan Printer Epson L120

kekurangan printer epson l120

Namun, printer ini tidaklah tanpa kekurangan. Yah, harus diakui Epson L120 ini memiliki beberapa kekurangan dari segi penggunaan, antara lain sebagai berikut:

1. Fungsi hanya sebatas printer

Printer Epson L120 ini bukanlah tipe All In One, yaitu hanya memiliki fungsi tunggal saja. Untuk model dan jenis printer Epson yang satu ini, hanya bisa digunakan untuk mencetak dokumen saja. Memang, sejak awal printer ini diperuntukkan untuk pengguna rumahan atau para siswa dan mahasiswa yang hanya membutuhkan printer sebagai pencetak dokumen

2. Resolusi maksimum sekedar 720 x 720 dpi

Kekurangan lainnya adalah printer Epson L120 ini hanya memiliki resolusi maksimum 720 x 720 dpi saja. Dengan resolusi tersebut, printer ini tidak cocok digunakan untuk mencetak foto dengan menggunakan kertas foto. Namun, kalau hanya sekedar foto di dalam dokumen saja, mungkin hasilnya sudah cukup memuaskan.

3. Tidak ada Fitur Print Bolak-balik Otomatis

Kekurangan selanjutnya pada printer Epson L120 ini adalah tidak dilengkapi dengan fitur print bolak-balik secara otomatis (Automatic Duplex Printing). Sehingga, bagi pengguna yang ingin print bolak-balik, harus melakukannya secara manual.

Demikianlah artikel tentang Spesifikasi Epson L120: Kelebihan dan Kekurangan (Lengkap). Semoga bermanfaat.
Spesifikasi Epson L120: Kelebihan dan Kekurangan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Halo Printer

0 komentar:

Posting Komentar