Informasi Printer Epson Terlengkap

Printer Terdeteksi Tapi Tidak Bisa Print? Ini Solusinya

Apakah printer Anda sedang mengalami masalah, di mana printer terdeteksi tapi tidak bisa melakukan print? Tenang saja, artikel ini akan memberikan solusinya...

Apa kabar? Semoga Anda selalu dalam keadaan sehat. Pada kesempatan kali ini, saya akan memandu Anda untuk mengatasi masalah printer yang terdeteksi tapi tidak bisa digunakan untuk print atau mencetak.

Dewasa ini, printer telah menjadi salah satu peralatan penting yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan cetak-mencetak dokumen atau foto.

Ada beragam merk printer yang beredar di pasaran dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Namun, apapun merk printernya, tidak ada printer yang benar-benar bebas dari masalah, tak terkecuali printer Epson.

Masalah printer itu sendiri ada bermacam-macam, satu di antaranya adalah printer terbaca di laptop atau komputer, namun anehnya tidak bisa melakukan proses pencetakan.

Masalah printer terdeteksi tapi tidak bisa print kadang-kadang terjadi pada printer Epson seri L110, L120, L1110, L1300, L210, L220, L3110, L360, L310, L355, L3150, dan juga seri lainnya.

Printer tidak merespon perintah pencetakan, padahal ketika dicek semuanya tampak baik-baik saja alias ready. Banyak pengguna yang dibuat bingung dengan masalah ini.

Lantas, apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Nah, berikut ini uraiannya...

Penyebab Printer Terdeteksi Tapi Tidak Bisa Print

printer terdeteksi tapi tidak bisa print

Untuk mengatasi masalah ini, tentu saja kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab mengapa sehingga printer tidak bisa mencetak padahal terbaca atau terdeteksi di laptop/PC.
 
Masalah printer terdeteksi tapi tidak bisa print kadang penyebabnya datang dari printer itu sendiri, namun kadang juga disebabkan oleh sistem pada laptop atau komputer. 
 
Untuk memastikannya, maka kita harus melakukan proses identifikasi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Cek Lampu Indikator

Pastikan semua lampu indikator printer menyala normal. Biasanya, jika terdapat masalah pada printer, lampur indikator berkedap-kedip atau blinking.

2. Cek Cartridge dan Tinta

Pastikan juga posisi cartridge printer telah terpasang dengan benar, kemudian periksa isi tabung penyimpanan tinta, apakah masih ada atau tidak.

3. Cek Kabel Penghung Printer ke Laptop/Komputer

Periksa kabel penghubung antara printer dengan laptop/PC, pastikan tersambung dengan baik. Kalau perlu, cabut terlebih dahulu kabel tersebut, kemudian pasang kembali untuk memastikan sambungannya terpasang dengan baik.

4. Cek Sistem Driver Printer

Sekarang, kita beralih ke laptop atau komputer, periksa kelengkapan sistem driver printer, apakah semuanya telah terinstal dengan baik, periksa juga kemungkinan adanya gangguan virus. Untuk memastikannya, cek dengan anti virus.

Cara Mengatasi Printer Terdeteksi Tapi Tidak Bisa Print

Baiklah, berikut ini langkah-langkah mengatasi masalah printer yang terdeteksi tapi tidak bisa print dan tidak muncul peringatan apapun di layar monitor.

1. Masalah Printer Terdeteksi Tapi Tidak Bisa Print, Tanpa Nyala Lampu Indikator

Untuk mengatasi masalah ini, maka kita perlu masuk ke sistem windows yang menangani perangkat printer. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke Service, ketikkan di kolom Search Windows 10 (lihat gambar)

  • Di jendela Service, scroll ke bawah cari Print Spooler
print spooler printer
  • Klik dua kali Print Spooler kemudian klik Stop
  • Sambil membiarkan jendela Print Spooler tetap terbuka, masuk ke Windows Explorer >> (C:) >> Windows >> System32 >> Spool >> PRINTERS 
  • Hapus semua file yang ada dalam folder PRINTERS
folde printers
  • Kemudian kembali ke jendela Print Spooler, klik Start
  • Selesai, coba gunakan printer Anda untuk ngeprint.

2. Masalah Printer Terdeteksi Tapi Tidak Bisa Print dengan Peringatan Lampu Indikator

peringatan lampu indikator printer terdeteksi
 
Jika printer menunjukkan lampu indikator yang menyala warna orange, maka itu artinya printer Anda perlu direset. Cara reset printer sangat mudah, hanya dengan permainan tombol. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Tekan dan tahan tombol resume printer selama 5 detik, kemudian lepas
  • Ulangi, tekan dan tahan lagi tombol resume selama 3 detik, kemudian lepas
  • Sekali lagi, tekan dan tahan tombol resume sekitar 1 detik, kemudian lepas
  • Tunggu sampai terjadi perubahan lampu indikator menjadi warna hijau
  • Selesai, printer telah siap digunakan kembali

3. Masalah Printer Terdeteksi Tapi Tidak Bisa Print, Lampu Indikator Normal 

Apabila lampu indikator menyala normal, namun printer tidak bisa digunakan untuk mencetak atau print padahal statusnya terdeteksi, maka itu artinya ada bagian sistem driver printer yang hilang. 
 
Untuk mencari bagian hilang tersebut tentu saja sulit dilakukan, maka langkah terbaik adalah hapus driver lama dan instal kembali driver terbaru printer. Berikut ini langkah-langkahnya:
Situs resmi epson
  • Download driver printer yang sesuai dengan seri printer dan sistem Windows yang Anda gunakan. Biasanya, situs resmi akan mendeteksi sistem operasi laptop secara otomatis.
  • Setelah mendapatkan filenya segera instal, maka secara otomatis driver lama akan terhapus dan digantikan oleh driver baru.
  • Selesai, printer siap digunakan print. 

Demikianlah informasi tentang Printer Terdeteksi Tapi Tidak Bisa Print. Bagikan tutorial ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Printer Terdeteksi Tapi Tidak Bisa Print? Ini Solusinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Halo Printer

0 komentar:

Posting Komentar